P2K2 Menuju Perubahan Perilaku Positif

PKH FDS
Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) bersama Pendamping Menuju Pola Perilaku Positif Lebih Baik*
                                  
KPM Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji
Kegiatan bulanan pada sore hari dilaksanakan di salah satu rumah keluarga penerima manfaat (kpm) Program Keluarga Harapan (PKH). Secara umum kegiatan diawali dengan berdo’a kemudian pemberian materi Pertemuan Peningkatan Kemampuan (P2K2) modul “mengelola ekonomi keluarga dan merencanakan usaha”. Pelaksanaan Pertemuan Peningkatan Kemampuan atau P2K2 dimulai jam 16.00-17.45 WIB.
Selama kegiatan berlangsung peserta Pelaksanaan Pertemuan Peningkatan Kemampuan atau P2K2 cukup antusias, hal ini dapat dilihat ketika pendamping Bahagia Putra menyampaikan materi sudah ada yang bertanya. Semangat keluarga penerima manfaat (kpm) cukup diapresiasi positif mengingat materi tersebut cukup berguna bagi mereka. Setidaknya ada dua pertanyaan yang disampaikan kepada kpm PKH meskipun diluar materi yang direncanakan, pertama bagaimana pola pengasuhan yang tepat mengenai cara mengatur waktu misalnya istirahat bagi anak mengingat ada kebiasaan atau pola yang belum tepat cara mengatur waktu istirahat kedua, mengenai pola pengasuhan anak yang aktif dalam gerak setiap aktifitasnya perlu diawasi secara maksimal agar harapan anak ketika bermain dipastikan aman sehingga tidak berbahaya. Secara keseluruhan kedua pertanyaan tersebut bisa dijawab dengan cukup baik selain masukan dari ibu - ibu KPM PKH lainnya yang hadir.
Peserta 18 KPM PKH yang hadir hampir 100%. Bagi yang tidak hadir atau ijin pulang terlebih dahulu karena kondisi kesehatan sedang tidak baik. Harapan dalam pelaksanaan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2)  pertama, ke depannya ibu-ibu KPM perlu mencatat materi yang disampaikan pendamping Bahagia Putra sebagai pengingat materi yang disampaikan juga bisa ditelaah ulang sampai di rumah, kedua KPM bisa mempraktikkan materi tersebut secara perlahan sesuai kemampuan KPM, ketiga pendampingan secara simultan melalui home visit ketika ada KPM yang memiliki masalah.
Pertemuan Peningkatan Kemampuan (P2K2) merupakan sekolah Program Keluarga Harapan yang bermanfaat, karena materi yang diberikan bersentuhan langsung dengan praktik kehidupan keluarga. Materi yang diberikan mudah diterima dengan bahasa mereka, ditutup dengan do’a diakhir kegiatan.

*Moch. Ferry Dwi Cahyono, Pekerja sosial supervisor




EmoticonEmoticon