Diklat Daring FDS PKH


Diklat Daring FDS PKH*











Peningkatkan kapasitas dan kualitas layanan sosial senantiasa diberikan oleh Kemensos RI untuk pelaksana Program Keluarga Harapan (PKH) melalui Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Regional III Yogyakarta mengadakan diklat daring (dalam jaringan) familly develpment session (fds) mulai 19 Mei sampai dengan 30 Desember 2018 untuk beberapa wilayah 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. Kegiatan tersebut cukup bermanfaat dan merupakan terobosan luar biasa dalam pelaksanaan mengingat sebelumnya dilakukan secara tatap muka antara widyaiswara dengan peserta diklat.
Materi kegiatan diklat familly develpment session (fds) dimulai 8 pagi sampai 3 sore. Modul yang disampaikan mulai Menjadi Orang Tua yang Lebih Baik, Pengelolaan Keuangan dan Perencanaan Usaha, Kesehatan dan Gizi, dan Kesejahteraan Sosial. Fasilitator berasal dari bapak ibu widyaiswara Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Regional III Yogyakarta. Pesertanya ialah pendamping dan supervisor Program Keluarga Harapan (PKH).
Pada hari pertama, disampaikan materi menjadi orang tua lebih baik, memahami perilaku anak baik negatif dan positif, memahami cara anak usia dini belajar, membantu anak sukses di sekolah. Tujuannya ialah memberikan pengasuhan anak lebih baik dengan memberikan pola didik yang sesuai dengan perkembangan anak, membuat kesepakatan bersama antara orang tua dan anak dalam pengasuhan dn pendidikan.
Pada hari kedua diberikan materi Cermat Meminjam dan Menabung - Dalam pemenuhan kebutuhan yang mengharuskan melakukan pinjaman, harus dilakukan secara terencana dan hati-hati agar tidak terjebak dalam hutang yang berkepanjangan. - Usahakan dalam melakukan pinjaman untuk pemenuhan kebutuhan yang akan bisa menghasilkan uang kembali, jika ada gunakan tabungan atau aset yang ada dulu. - Sesuaikan dengan kemampuan membayar, kemudian sesuaikan waktu pengembalian dengan pendapatan Langkah2 a. Setiap kali menerima gaji/upah maka langkah awal yang terpenting yang harus kita lakukan pertama kali adalah dengan membayar cicilan hutang b. Setelah membayar cicilan hutang, selanjutnya yang kita lakukan adalah berzakat atau memberikan sumbangan keagamaan c. Menyisihkan minimal 10% penghasilan kita untuk ditabung/investasi. d. Langkah yang terakhir ini baru yang pasti kita sukai bersama yaitu silahkan habiskan uang gaji/penghasilan yang tersisa, setelah langkah tsb dilewati, tentunya bukan pemborosan, tetapi yang manfaat bagi keluarga.
Output dari diklat dalam jaringan familly development session Program Keluarga Harapan ialah memberikan keesempatan bagi pendamping dan supervisor memberikan layanan sosial dalam pertemuan penguatan kemampuan keluarga yang dilakukan setiap bulan kepada keluarga penerima manfaat. Materi tersebut diberikan dengan harapan mewujudkan kemandirian keluarga penerima manfaat lebih baik.

*Pekerja Sosial Supervisor PKH Kota Batu Jawa Timur
  Moch. Ferry Dwi Cahyono


EmoticonEmoticon