"Wahai Ibu ... Ayo Dukung Tumbuh Kembang Anak Melalui Kegiatan FDS!"






"Wahai Ibu ... Ayo  Dukung Tumbuh Kembang Anak Melalui Kegiatan FDS!"

Sabtu, 12 Mei 2018
Pukul 16.00 - 17.30 WIB
Dusun Ngujung Kecamatan Bumiaji Kota Batu

Ada suasana berbeda yang terjadi di rumah KPM PKH saat itu.
Terlihat jam sudah beranjak menunjukkan pukul empat sore.   Namun suasana dingin Dusun Ngujung Kecamatan Bumiaji tempat berkumpul KPM PKH, berubah  menjadi penuh  kehangatan dengan kehadiran Ibu-Ibu KPM PKH yang berdiskusi penuh semangat.

Wajar saja jika atmosfer rumah Ibu KPM PKH bisa menjadi seperti itu,  karena Ahmad Rofiki Sang Pendamping PKH Kecamatan Bumiaji,  mampu menghipnotis ke-14 KPM PKH untuk larut dalam diskusi FDS penuh partisipatif selama kurang lebih satu setengah jam!

Apa sih sesungguhnya topik yang mereka bahas? Ternyata satu hal penting yang tak boleh diabaikan, yaitu   "Pengasuhan dan Pendidikan Anak".

Kalau kita telisik lagi, materi ini ternyata merupakan kelanjutan dari  pertemuan rutin  bulanan sebelumnya dengan materi modul : Pengelolaan Keuangan dan Perencanaan Usaha. Luar biasa ya?!

Semua materi yang disampaikan dalam FDS PKH adalah sesuai dengan kebutuhan nyata sehari-hari yang dihadapi para ibu rumah tangga khususnya terhadap keluarga dan lingkungannya.

Bagaimana cara mereka berdiskusi? Ternyata pendamping telah mempraktikkan pembelajaran yg dulu pernah mereka dapatkan sebelumnya.  Yaitu melalui tehnik partisipatif dalam penyampaian modul-modul FDS. Seluruh KPM PKH antusias dalam FDS dan terlibat dialog Sehingga jelas, pertemuan FDS seperti ini terasa lebih efektif!

Selanjutnya, setiap KPM PKH menyampaikan pendapat modul yang dibahas dibahas. Woww... ini-lah saat yang mendebarkan bagi KPM dan merupakan pengalaman yang tentu saja luar biasa bagi KPM PKH! Keren-nya,  disini pendamping mampu menjembatani dan mencairkan suasana, sehingga tujuan-pun tercapai.

Satu hal yang menarik dari pelaksanaan FDS adalah : setelah datang ke FDS, kini tak ada lagi lho ibu-ibu yang pemalu atau enggan berbicara. Tak ada lagi ibu-ibu yang takut untuk mengutarakan pendapat. 
Wah... ternyata, FDS PKH juga mengajarkan ibu-ibu KPM untuk percaya diri dan berlatih  terampil berbicara.  Artinya, KPM PKH akan semakin terlatih untuk mengemukakan pendapat di muka umum. Luar biasa!

Topik yang ditetapkan  dalam FDS PKH jelas-jelas bermanfaat. Salah satunya adalah  untuk bekal praktik pengasuhan dan pendidikan anak di rumah.  Sehingga tumbuh kembang anak baik fisik maupun kecerdasan anak diharapkan  bisa maksimal.

Anak adalah mutiara keluarga dan tunas bangsa yang di tangannya-lah nasib bangsa ini diperjuangkan. Ayo ibu-ibu, didik dan asuh-lah anak dengan sebaik-baiknya. Rajin-lah  datang ke FDS! Karena, ibu-ibu akan semakin pintar... karena materi belajar di FDS diperoleh, rasa percaya diri ibu-ibu meningkat dan tak malu-malu lagi untuk bicara. Salam PKH!!



EmoticonEmoticon