Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Anak Belajar


Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Anak Belajar




a.       Konsep diri yang baik dari orang tua meliputi aspek menjadi teladan, menjadi sahabat, memberi perhatian dan kasih sayang, menjadi mentor

b.      Lingkungan yang baik dalam mendukung belajar anak. Lingkungan yng baik senantiasa mendorong anak untuk melakukan sesuatu yang baik dan positif, mengingat anak meniru apa yang dilihat, didengar dan semacamnya.

c.       Aspek gizi yang dikonsumsi oleh anak. Gizi yang baik tidak harus mahal.

d.      Kemauan belajar anak cukup tinggi. Kemauan anak senantiasa naik turun. Beri pujian pada anak apabila melakukan kegiatan yang positif. Penghargaan dan apresiasi bagi anak juga diperlukan untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak.

e.      Kebiasaan membaca dan mengulang materi yang telah dipelajari. Kebiasaan bisa didorong dan distimulus agar senantiasa stabil dalam melakukan dalam kehidupan anak. Orang tua mengambil banyak peran sukses mendorong anak melakukan hal ini.

f.        Keinginan untuk berubah menjadi lebih baik. Perubahan menjadi lebih baik dan positif memberikan dampak anak untuk terus melakukan inovasi dalam belajar.




Pekerja Sosial Supervisor PKH Batu
Moch. Ferry Dwi Cahyono


EmoticonEmoticon