Membantu Anak Sukses di Sekolah

Membantu Anak Sukses di Sekolah






Tujuan :
1. Memahami pentingnya pendidikan dan manfaat pendidikan sejak usia dini
2. Mempelajari cara membantu anak sukses di sekolah

A. Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan merupakan hak semua anak Indonesia yang harus dipenuhi. Orangtua sangat berperan dalam pemenuhan hak anak atas pendidikan dengan memastikan anak yang berusia sekolah dasar hadir di sekolah.




Saat ini belajar di lembaga pendidikan anak usia dini tidak menjadi kewajiban. Namun demikian, pendidikan anak usia dini akan membantu anak siap bersekolah di jenjang pendidikan berikutnya. Jika anak lebih siap bersekolah artinya anak memiliki kemungkinan untuk dapat mengikuti pelajaran dengan ebih baik dan memiliki peluang yang besar untuk menjadi sukses di masa depan.




Kesiapan bersekolah merupakan strategi yang telah terbukti untuk meningkatkan pembangunan ekonomi dan sosial sebuah masyarakat. Berbagai studi menunjukkan manfaat dan pengembalian investasi dari kesiapan bersekolah.
Kesiapan bersekolah harus dimasukkan dalam perkembangan anak secara holistik, yang meliputi keterampilan dan pengetahuan verbal dan intelektual, kemampuan sosial, serta status kesehatan dan gizi. Studi menunjukkan bahwa kinerja pendidikan yang buruk, penurunan lama pendidikan dan penurunan pendapatan ketika dewasa semuanya dapat dikaitkan dengan anak - anak muda yang bertubuh pendek (stunting). Oleh karena itu, anak-anak memperoleh manfaat terbesar jika program-program PAUD bersifat holistik, yang mengintegrasikan intervensi psikososial dan kesiapan bersekolah dengan intervensi kesehatan dan gizi. Perkembangan holistik sangat penting bagi kesiapan anak untuk bersekolah dan kemampuan mereka untuk berpartisipasi dalam lingkungan belajar yang berbeda. Hubungan yang kuat antara perkembangan holistik anak dan kesiapan bersekolah menekankan pentingnya program-program PAUD terpadu multi-sektoral, yang menyatukan kesehatan, gizi, pendidikan dan perlindungan, yang menjamin semua anak tentang awal yang kuat untuk hidup.


Walaupun anak bisa belajar dan bermain di rumah, tetapi banyak manfaat yang dapat dirasakan anak dan orangtua ketika mengikuti kegiatan di lembaga anak usia dini. Lembaga pendidikan anak usia dini yang baik tidak ditentukan oleh ada tidaknya seragam. Lembaga pendidikan yang baik merencanakan kegiatan belaar yang menyenangkan, menarik minat dan bermanfaat bagi anak. Tidak menggunakan metode yang memaksa anak agar mampu membaca, menulis dan berhitung. Lembaga yang baik dapat membuat anak merasa senang untuk bersekolah dan mencintai proses belajar.

Semakin cepat anak mendapatkan pendidikan, maka akan semakin bermanfaat bagi anak. Salah satu cara yang dapat dilakukan orangtua adalah dengan memasukkan anak ke lembaga pendidikan anak usia dini.

Kendala tentang biaya, maka salah satu cara untuk megatasinya adalah dengan mengurangi atau menghilangkan kebiasaan jajan sehari - hari, dan menyaurkan uang jajan tersebut untuk membiayai keperluan agardapat masuk ke lembaga anak usia dini. 


EmoticonEmoticon