Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan Anak Usia Dini



PAUD adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Permendiknas No. 58 Tahun 2009 lembaga tersebut diantaranya TK, PAUD, RA, Taman posyandu, Playgroup, KB, TAS dan sebagainya yang menyelenggarakan pendidikan baik formal, non formal maupun informal kepada semua anak Indonesia yang berusia 0-6 tahun.

Masa usia dini (0-6 tahun) merupakan masa keemasan (golden age) dimana peran stimulasi lingkungan yang kondusif dan dilakukan dengan cara bermain akan dapat mengembangkan pertumbuhan otak dan seluruh potensi anak. merupakan masa peka bagi anak. Masa untuk meletakkan dasar pertama dalam mengembangkan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosial emosional, konsep diri, disiplin, kemandirian, seni, moral, dan nilai-nilai agama. merupakan masa perkembangan kecerdasan yang pesat. Kecerdasan pada masa ini dapat meningkat dari 50% menjadi 80%.

Hal penting yang perlu diperhatikan oleh orangtua adalah proses bermain sambil belajar yang ada di lembaga pendidikan anak usia dini haruslah menyenangkan bagi anak. Lembaga PAUD yang bagus : memiliki kurikulum dan rencana belajar dengan metode bermain yang menyenangkan, terarah dan bertahap dalam meningkatkan kemampuan anak agar ia siap bersekolah. 

Dengan tidak bersekolah maka semakin sedikit ilmu dan ketrampilan yang anak miliki, dan semakin kecil peluangnya untuk mendapatkan kehidupan lebih baik kelak.

Beberapa saat sebelum waktu bersekolah dimulai, orangtua dapat mengajak anak untuk mengunjungi sekolah yang akan menjadi tempat anak menempuh pendidikan. Berbicaralah kepada anak tentang pentingnya pendidikan bagi mereka, juga bagi orangtua. 


EmoticonEmoticon