Membangun Ekonomi Kreatif PKH Kota Batu

Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama. Konsep ini biasanya akan didukung dengan keberadaan industri kreatif yang menjadi pengejawantahannya.
Seiring berjalannya waktu, perkembangan ekonomi sampai pada taraf ekonomi kreatif setelah beberapa waktu sebelumnya, dunia dihadapi dengan konsep ekonomi informasi yang mana informasi menjadi hal yang utama dalam pengembangan ekonomi.









Masalah perkembangan dan pembaharuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan penciptaan ekonomi kreatif bagi para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menjadi bahasan utama Rapat Koordinasi sumber daya manusia Program Keluarga Harapan di Kampung Lumbung bersama ketua PHRI Kota Batu (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) 


Beberapa pembicaraan yang dibahas pada kesempatan pagi menjelang siang tersebut pertama apa yang dibutuhkan hotel dengan pelaku unit usaha binaan Program Keluarga Harapan ada sinkronisasi agar bisa maksimal dalam pelaksanaan. Kedua, industri kreatif yang dibutuhkan masyarakat sehingga memiliki nilai jual, termasuk di dalamnya mengandung aspek pengembangan, kemauan untuk berubah, mentalitas dalam menghasilkan karya kompetitif, ramah lingkungan.

Pembahasan koordinasi ini merupakan kelanjutan dari pertemuan sebelumnya di Hotel Orchid Sumberejo Kota Batu. Pertemuan ini turut hadir sekretaris Dinas Sosial, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, korkot dan pekerja sosial supervisor.

Hikmah pertemuan tersebut ialah memaksimalkan jaringan dengan menghubungkan ke sistem sumber yang ada di Kota Batu yaitu antara binaan usaha keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia. Salam PKH.

Pekerja sosial supervisor,
Moch. Ferry D.C.


EmoticonEmoticon