Pekerja Sosial Supervisor Monitoring Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga




Junwatu, Kecamatan Junrejo (10 Oktober 2018). Pertemuan peningkatan kemampuan keluarga dihadiri 20 keluarga penerima manfaat. Berlokasi di rumah Reny Y RT 01 RW 02.

"Mencegah kekerasan dan perlakuan salah terhadap anak merupakan bagian penting yang perlu diperhatikan oleh orangtua dalam berkeluarga," ujar Jumiati keluarga penerima manfaat yang hadir dalam pertemuan yang diselenggarakan sebulan sekali secara bergantian.

Sebelum materi disampaikan, keluarga penerima manfaat menyampaikan beberapa hal diantaranya mengenai pengasuhan dan pendidikan anak di rumah sesi terakhir. Menanyakan ke peserta untuk memastikan dan mengevaluasi materi yang disampaikan pendamping Kecamatan Junrejo Iin sudah dipraktikkan di rumah.

Berikutnya dibahas modul perlindungan anak, mencegah kekerasan dan perlakuan salah terhadap anak. Materi ini bermanfaat karena bersentuhan langsung dengan pengasuhan anak di rumah.

Pertemuan peningkatan kemampuan keluarga berlangsung selama dua jam, dimulai 09.00 - 11.00.  Jumlah keluarga penerima manfaat yang hadir sangat antusias mengikuti materi pencegahan kekerasan dan pelakuan salah terhadap anak modul perlindungan anak.

Sasaran modul perlindungan anak ialah orangtua keluarga penerima manfaat yang hadir karena langsung bersentuhan pengasuhan anak di rumah. Melalui materi tersebut ibu - ibu yang hadir bisa mempraktikkan pengasuhan yang baik kepada anak untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya dengan menghindari kekerasan dan perlakuan salah.

Pekerja sosial supervisor Program Keluarga Harapan Kota Batu
Moch. Ferry Dwi Cahyono


EmoticonEmoticon