Koreg Program Keluarga Harapan Urai Implementasi Empat Fungsi Peksos Supervisor




Implementasi 4 Fungsi Utama Peksos Supervisor
Peran Peksos Supervisor Program Keluarga Harapan

Monitoring pelaksanaan P2K2
(Secara Administratif)
Planning-----partisipatif
Organizing-----targetting dan sumber daya manusia
Actuating----Pemantauan lapangan
Controlling-----Evaluasi dan pelaporan

(Secara Pendidikan)
Membahas kesulitan atau kendala
Pengetahuan dan ketrampilan
Assesment partisipatif

(Secara dukungan)
Fasilitasi proses
Distribusi beban
Konsultasi

Analisa SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman) diperlukan dalam perencanaan pelaksanaan pertemuan peningkatan kemampuan keluarga. Aspek ini perlu dicermati oleh pendamping sosial dalam menyampaikan modul atau materi untuk keluarga penerima manfaat.
"Pendamping memiliki karakteristik dampingan yang berbeda sesuai kondisi keluarga penerima manfaat, sehingga perlu pendamping memahami analisa SWOT dalam pelaksanaan pertemuan peningkatan kemampuan keluarga," Anang Koordinator Regional Program Keluarga Harapan
Bekerja secara tim bisa memaksimalkan pelaksanaan kinerja Program Keluarga Harapan. Aspek aspek diatas dalam menjadi bagian penting peksos supervisor dalam menjalankan peranan.

Pekerja supervisor membekali beberapa instrumen, pertama perlu menyiapkan formulir rencana, kedua formulir pemantauan dan ketiga ketepatan materi dan feedback. Berikutnya instrumen diperlukan untuk rencana tiga bulanan, pemantauan kelompok dan spot chek. 

Output yang diharapkan dalam pelaksanaan pertemuan peningkatan kemampuan keluarga untuk mendapatkan data, time line kegiatan, dokumentasim rekap danata terkelola.

"Itulah menjadi pokok bahasan dalam pelaksanaan pertemuan peningkatan kemampuan keluarga, adakah kesenjangan antara perencanaan dan hasil kegiatan,"ujar Anang Koordinator Regional Program Keluarga Harapan.

Pekerja sosial PKH Kota Batu Jawa Timur
Moch. Ferry Dwi Cahyono


EmoticonEmoticon