Pekerja Sosial Supervisor Koordinasi dan Coaching FDS


Ruang rapat Dinsos Kota Batu Balai Kota Among Tani pagi itu sedang ada kegiatan. Kegiatan tersebut rutin diselenggarakan di awal minggu pertama setiap bulan.

"Modul perlindungan anak, bahasan sesi 12 pencegahan penelantaran dan eksploitasi anak adalah bahasan coaching fmilly development session atau pertemuan peningkatan kemampuan keluarga," urai peksos supervisor Program Keluarga Harapan Kota Batu.




Pendamping Sosial Menyampaikan Materi FDS Ruang Rapat Dinsos Kota Batu 
(Foto:Peksos supervisor PKH)


Sebelum dimulai bahasan materi lanjutan, pendamping sosial melakukan penyegaran mengingat materi sesi 11 pencegahan kekerasan dan perlakuan salah.

Beberapa alat peraga kegiatan pertemuan peningkatan kemampuan keluarga  pun ditempel di dinding ruang rapat Dinsos, seperti flipchart salah satunya.

Beberapa alat peraga telah diperoleh pendamping sosial usai mengikuti pendidikan dan latihan di BBPPKS Regional 3 Yogyakarta beberapa waktu sebelumnya.

Peksos supervisor juga memberi kesempatan untuk pendamping sosial yang telah mengikuti diklat fds untuk menyampaikan materi tersebut secara bergantian. Pendamping sosial yang belum diklat bisa mengikuti dan menanyakan materi yang disampaikan.

Selain itu juga koordinasi mengenai pelaksanaan familly development session dan mengevaluasi pelaksanaan seperti perhatian keluarga penerima manfaat dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Sisi lain mengingatkan absensi kehadiran keluarga penerima manfaat. Jumlah peserta Program Keluarga Harapan hadir dalam pertemuan peningkatan kemampuan keluarga setiap bulan, juga mencatat dan menanyakan peserta yang tidak hadir dalam kelompok.

Pekerja sosial supervisor Program Keluarga Harapan Kota Batu
Moch. Ferry Dwi Cahyono




EmoticonEmoticon