Sosialisasi Bantuan Sosial PKH dan FDS Memahami Perilaku Anak

Sosialisasi Bantuan Sosial PKH dan FDS Memahami Perilaku Anak

Batu, dusun Klerek Kecamatan Junrejo. Dihadiri 21 keluarga penerima manfaat (kpm) Program Keluarga Harapan Kemensos RI digelar Family Development Session (FDS)/pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2).  Berjumlah 21 keluarga penerima manfaat ibu-ibu memperhatikan dan mencatat informasi jumlah besaran bantuan sosial yang diperoleh sebagai keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial maksimal untuk empat anak. Bahkan salah satu ibu senang jumlah bantuan yang diterima lebih besar karena punya dua anak, satunya anak SMP dan SD ungkap salah satu peserta Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial di rumah ibu rukiati dusun Klerek Kecamatan Junrejo Kota Batu.

Bantuan sosial ungkap pendamping sosial chychy digunakan untuk kebutuhan anak, menyisihkan bantuan untuk tabungan yang bisa digunakan untuk kebutuhan mendesak atau tidak terduga.
Bantuan sosial dipergunakan sebaik-baiknya. Menyisihkan bantuan sosial untuk usaha jauh lebih berperan menuju keluarga sejahtera sehingga dari usaha tersebut nantinya berkembang siap keluar dari keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial. Tidak boleh bantuan sosial kemudian digunakan untuk sesuatu keinginan yang lebih mengarah pada penggunaan konsumtif.

Melanjutkan Family Development Session (fds)/pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2) pendamping sosial chychy Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial  menanyakan materi sebelumnya sebelum masuk di materi selanjutnya, misalnya bu Ul menyebutkan sifat baik anak seperti jujur, suka menolong.
Memuji sifat dan perilaku anak salah satu bentuk memahami sifat baik anak. Memberi penghargaan terhadap perilaku baik anak sesuai kemampuan orangtua.

Bagaimana cara mengurangi perilaku buruk anak


Caranya, diantaranya tidak menggunakan kekerasan pada anak. Kekerasan pada anak memberikan efek negatif lama bagi anak untuk menghilangkan. Kekerasan pada anak bisa fisik dan non fisik. Perlakuan kekerasan pada anak menimbulkan sifat diantaranya perlakuan agresif, pemarah.

Memahami perilaku buruk anak disesuaikan menurut perkembangan anak. Penanganannya pun berbeda sesuai tahapan perkembangan usia. Sehingga kejelian memhami setiap pertumbuhan dan perkembangan anak juga mempengaruhi cara memahami perilaku anak.

Family Development Session (fds)/pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2) dimulai 14.00 - 15.45 WIB di rumah ibu Rukiati. Slama waktu lebih dari satu jam orangtua diharapkan mempraktikkan penggunaan bantuan sosial Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial secara benar, mengerti jumlah besaran bantuan sosial setiap komponen dan bu-ibu mempraktikkan cara memahami perilaku anak di rumah.






Peksos supervisor PKH Kota Batu
Moch. Ferry Dwi Cahyono


EmoticonEmoticon