Family Development Session (FDS) Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia

Family Development Session (FDS) Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia


Beji Kota Batu. Berlokasi di rumah keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial dihadiri 20 peserta PKH telah dilaksanakan family development Session (FDS)/ pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2).

Sebelumnya pendamping sosial PKH Kemensos Kecamatan Junrejo Chychy A. I. Y menanyakan dan mengajak keluarga penerima manfaat mengingat materi sebelumnya yaitu kesejahteraan sosial disabilitas.

Berlangsung mulai 14.00 - 15.30 WIB. Selama waktu satu jam tiga puluh menit fasilitator menyampaikan materi tersebut.

Lanjut usia (lansia) adalah potret kita di masa mendatang, ungkap fasilitator. Materi tersebut bermanfaat bagi keluarga penerima manfaat (KPM) PKH untuk mengenal lebih mendalam menangani lanjut usia di keluarga dan masyarakat.

 Materi yang dibahas diantaranya mengenal pembagian lansia menurut WHO, perubahan pada lansia baik fisik, psikososial, spiritual, prinsip melayani lansia, lembaga rujukan apabila lansia mengalami masalah.

Pada umumnya lansia memiliki perubahan misalnya mulai kepikunan. 
Lansia juga ada yang potensial maupun tidak. 

Beberapa keluarga penerima manfaat (KPM) ada yang keluarganya masuk komponen lansia sehingga untuk bantuan sosial yang diterima ada perubahan penerimaan yaitu 600.000/tiga bulan (penambahan salah satu komponennya). Keluarga penerima manfaat PKH satu dengan lainnya berbeda penerimaannya tergantung komponen dalam satu keluarga 






Peksos supervisor PKH Kota Batu
Moch. Ferry Dwi Cahyono


EmoticonEmoticon