Managemen Kasus

Managemen Kasus 

Kota Batu. Salah satu tugas pekerja sosial supervisor Program Keluarga Harapan ialah managemen kasus. Salah satu managemen kasus yang ditangani yaitu kepemilikan kartu Indonesia Sehat PBI JKN oleh keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial.

Pagi cerah di Kota Batu salah satu anggota keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial menyampaikan perihal peristiwa yang dialami keluarga penerima manfaat yang mengalami sakit dan perlu perawatan lebih dengan operasi salah satu rumah sakit di Kota Malang. 

Keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial selanjutnya konsultasi dengan pekerja sosial supervisor mengenai kepemilikan PBI JKN KIS untuk pengobatan intensif di rumah sakit. Berikutnya, peksos supervisor PKH koordinasi dengan Kepala bidang pemberdayaan dan jaminan sosial Dinas Sosial Kota Batu. Hasilnya kepala bidang pemberdayaan jaminan sosial menyampaikan untuk memeriksa data yang ada di Dinsos Kota Batu untuk memastikan keanggotaan PBI JKN. Cukup positif ternyata namanya muncul di data tersebut.



Langkah selanjutnya bersama kepala bidang jaminan sosial dan tim Dinsos Kota Batu bersama peksos supervisor mengecek kebenaran data PBI JKN. Ternyata memang benar beliau memiliki keanggotaan PBI JKN hasil pendataan perluasan. Berikutnya informasi tersebut disampaikan kepada keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial.
Akhirnya dengan kepemilikan PBI JKN keluarga penerima manfaat merasakan manfaat memiliki kartu tersebut. Setidaknya sudah ada 6 anggota keluarga penerima manfaat PKH Kemensos sudah merasakan manfaat memiliki PBI JKN setelah koordinasi dengan pilar sosial dan Dinsos Kota Batu.

Peksos supervisor PKH Kota Batu
Moch. Ferry Dwi Cahyono


EmoticonEmoticon