Ikuti Family Development Session (FDS) Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan, Yuk Jauhi Kekerasan dan Perlakuan Salah

Ikuti Family Development Session (FDS) Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan, Yuk Jauhi Kekerasan dan Perlakuan Salah

www pkhkotabatu.com. Lima belas keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial mengikuti family development session (fds)/pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2) di Beji Kecamatan Junrejo Kota Batu.

Pelaksanaan family development session (fds)/ pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2) dimulai pukul 15.00 WIB.

Keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial di Kota Batu membawa peralatan tulis untuk mencatat materi yang disampaikan fasilitator pendamping sosial Chychy A.I.Y.

Beberapa bahasan ketika fasilitator menyampaikan diantaranya pertama mengenal hak anak, hak anak yang  hak sipil dan kebebasan, hak hidup dalam keluarga dan pengasuhan alternatif, hak pendidikan, waktu luang dan kegiatan budaya, hak perlindungan khusus. Kedua mengetahui definisi kekerasan terhadap anak, perlakuan salah dan jenis kekerasan terhadap anak.

Upaya Pencegahan Kekerasan dan Perlakuan Salah

Mencegah kekerasan dalam pengasuhan anak penting untuk tumbuh kembang anak, mengingat anak acapkali berinteraksi dengan keluarga (orangtua).   Sebagian besar keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial di Kota Batu merawat dan mengasuh anak secara langsung dalam kesehariannya.

Metode yang dipergunakan fasilitator dalam menyampaikan materi pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2)/family development session (fds) ceramah, tanya jawab, diskusi, berbagi kasus. Nampak beberapa keluarga penerima manfaat bercerita kepada fasilitator mengenai kasus yang dijumpai dan menanyakan solusi penanganannya.

Alat atau media yang dimanfaatkan dalam menyampaikan materi pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2)/family development session (fds) diantaranya flip chart upaya pencegahan kekerasan dan perlakuan salah, alat tulis.

Selain itu pendamping sosial Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial di Kota Batu mengarahkan keluarga penerima manfaat praktik family development session (fds)/pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2)  menabung harian dan dibawa waktu pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2) bulan berikutnya.

Keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial senang dengan arahan praktik menabung yang disampaikan pendamping sosial Kota Batu Chychy A.I.Y.

Pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2) dilaksanakan di rumah keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial di ds Beji Kecamatan Junrejo Kota Batu.

Pertemuan rutin sebulan sekali berlangsung selama satu jam tiga puluh menit, dimulai pukul 15.00-16.30 WIB.

Selama kegiatan pertemuan peningkatan kemampuan keluarga Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial cukup semangat, nampak dari perhatian ibu-ibu mengikuti materi yang disampaikan fasilitator.

Sebelum dimulai pertemuan peningkatan kemampuan keluarga fasilitator menyapa dan menanyakan kabar keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial Kota Batu. Bersyukur sebagian besar hadir dengan kondisi sehat dalam nuansa lebaran di bulan Syawal 1440 H.

Pengasuhan anak di keluarga merupakan faktor utama tumbuh kembang anak. Psikologis anak yang dibesarkan dalam lingkungan baik dan positif akan menjadikan anak percaya diri dan menghasilkan generasi positif. Ibarat pengasuhan seperti pantulan cermin, positif dan atau negatif akan berakibat kembali lagi ke pengasuhan anak yang diterima keluarga.

Upaya mencegah kekerasan dan perlakuan salah.

Setiap keluarga menginginkan keluarga pasti tumbuh kembangnya positif. Pertemuan peningkatan kemampuan keluarga siang itu mengulas beberapa bahasan yang bermanfaat dalam pengasuhan anak, ungkap bu dar salah satu keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial Kota Batu.

Setidaknya ada tiga bahasan dalam pertemuan peningkatan kemampuan keluarga Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial Kota Batu pertama mengenal lima kluster hak anak meliputi hak sipil dan kebebasan, hak pendidikan, hak pengasuhan keluarga dan pengasuhan alternatif, hak pendidikan waktu luang dan budaya, hak perlindungan khusus, kedua mengenal pengertian kekerasan dan perlakuan salah dan terakhir membagi kekerasan dalam tiga jenis kekerasan fisik, psikis dan kekerasan seksual.

Harapan fasilitator dalam pertemuan peningkatan kemampuan keluarga Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial Kota Batu keluarga penerima manfaat mempraktikkan pengasuhan anak jauh dari kekerasan dan perlakuan salah seperti memarahi dengan disertai membentak, memukul dan semacamnya.








Peksos supervisor PKH Kota Batu
Moch. Ferry DC.


EmoticonEmoticon