Mengenal Assessment

 Assessment merupakan langkah penting dalam proses pemecahan masalah. Assessment meliputi kegiatan pengkajian tentang faktor-faktor penyebab serta pengkajian dan pemahaman tentang apa yang dapat dilakukan atau diubah untuk meminimalkan atau memecahkan masalah yang ada (Barker dalam Ashman, 1993). 

Selanjutnya Siporin memberikan definisi tentang assessment sebagai suatu proses maupun produk dari pemahaman yang menjadi dasar bagi pelaksanaan suatu tindakan atau intervensi. Meenaghan melihat assessment sebagai satu proses dinamis dimana klien bersama pekerja sosial untuk menentukan dan bagaimana situasi masalah yang dihadapi. 

Berdasarkan definisi-definisi tersebut assessment merupakan proses secara sistematis dalam mengevaluasi klien yang meliputi aspek masalah, keberadaan sumber-sumber, solusi yang dapat dilakukan, hambatan yang dihadapi dalam menyelesaikan masalah. Demikian pentingnya assessment dalam tahapan praktik pekerjaan sosial.

Bruner (dalam Ashman, 1993) menyatakan bahwa assessment diibaratkan sebagai lilin dalam kegelapan. Seseorang akan kesulitan jika akan melakukan suatu tindakan jika tidak dilandasi oleh assessment


EmoticonEmoticon