Rapat Koordinasi dan Coaching Family Development Session (FDS)


Minggu awal Juli kamis pagi berlokasi di Dinas Sosial Kota Batu, tepatnya ruang rapat Lantai 2 Dinas Sosial Kota Batu Balai Kota Among Tani. Rapat tersebut dimulai jam 08.30 WIB, cuaca cerah dan dingin menyelimuti Kota Batu.

Bahasan pertemuan rutin diagendakan secara sebulan sekali untuk mengkomunikasikan rangkaian kegiatan akan delaksanakan ke depan, berbagi informasi, perkembangan bisnis proses data Program Keluarga Harapan Kota Batu.

Seluruh sumber daya manusia baik pendamping sosial, administrsi pangkalan data, koordinator kota maupun pekerja sosial supervisor Program Keluarga Harapan Kota Batu.


Pertama, bahasan pemutakhiran keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan Kota Batu. Kedua, coaching family development session atau pertemuan peningkatan kemampuan keluarga bahasan pengasuhan dan pendidikan anak di rumah sesi kedua dan sosialisasi pencegahan hepatitis A Program Keluarga Harapan Kota Batu.

Hepatitis A adalah penyakit liver yang disebabkan oleh virus hepatitis A (HAV). Gejala klinis hepatitis A mirip dengan hepatitis lain yang diakibatkan oleh virus. Hal ini umumnya meliputi:  Demam;  Keletihan/malaise;  Hilang nafsu makan; Diare; Mual; Rasa tidak nyaman pada perut;  Sakit kuning (warna kulit dan sklera mata berubah kuning, urin gelap dan feses pucat). Cara penularan HAV terutama ditularkan melalui rute feses-oral, yaitu ketika seseorang yang belum terinfeksi mengalami kontak dengan atau menelan benda, makanan atau air yang telah terkontaminasi feses orang yang terinfeksi. Virus ini juga dapat ditularkan melalui kontak fisik dengan orang yang terinfeksi, termasuk kontak seksual dan tidak terbatas untuk kontak anal-oral. Penyebarluasan hepatitis A di kalangan pria yang berhubungan seksual dengan sesama pria telah dilaporkan. Penyebarluasan melalui air, walaupun jarang, biasanya terkait dengan air yang terkontaminasi limbah atau tidak diolah dengan baik. 

Pencegahan : 1. Jaga kebersihan pribadi yang baik  Bersihkan tangan sesering mungkin, terutama sebelum makan atau menangani makanan, dan setelah menggunakan toilet atau menangani materi muntahan atau feses.  Kenakan sarung tangan dan masker saat membuang atau menangani materi muntahan dan feses, lalu cuci tangan hingga bersih setelahnya.  Gunakan sumpit dan sendok saat makan. Jangan berbagi makanan dan minuman dengan orang lain 2. Jaga kebersihan lingkungan yang baik 3. Jaga kebersihan makanan yang baik 4. Vaksinasi Hepatitis A 

Tujuan Pembelajaran : 1. Mengenalkan penyakit hepatitis A kepada keluarga penerima manfaat PKH Kemensos Kota Batu 2. Mencegah penyakit hepatitis A 3. Keluarga penerima manfaat PKH Kota Batu belajar hidup bersih, sehat  

Metode yang digunakan : 1. Ceramah 2. Tanya Jawab 3. Kasus 4. Berbagi informasi Alat yang digunakan : 1. Kertas 2. Alat tulis








Pekerja sosial supervisor Kota Batu
Moch. Ferry Dwi Cahyono


EmoticonEmoticon