Konseling dan Kunjungan Rumah

Konseling dan Kunjungan Rumah


www.pkhkotabatu.com. Bersama pendamping sosial Program Keluarga Harapan kota Batu melakukan kunjungan rumah salah satu keluarga penerima manfaat (kpm). 

Selepas pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2) atau family development session (fds) pendamping sosial mendapatkan informasi mengenai salah satu anak keluarga penerima manfaat membutuhkan konseling mengenai motivasi dan semangat belajar dan sekolah.

“Memberikan alternatif-alternatif, membantu klien dalam melepaskan dan merombak pola-pola lama, memungkinkan melakukan proses pengambilan keputusan dan menemukan pemecahan-pemecahan yang tepat terhadap masalah” (Ivey & Simek-Downing, dalam Gunarsa, 1996).


Konseling dilakukan dengan berkunjung ke rumah keluarga penerima manfaat, kebetulan bapak anak tersebut juga ada selepas istirahat bekerja. Ketika berkunjung kedua orang tua anak ada dan bisa diawali dengan smalk talk (obrolan ringan) mengenai kabar keseharian. Selanjutnya dilakukan obsrvasi dan wawancara secara mendalam mengenai anak keluarga penerima manfaat aspek motivasi belajar dan sekolah.

Pendamping sosial kunjungan rumah


Setelah dilakukan wawancara secara mendalam mendapat informasi ternyata anak memiliki kelekatan dengan orangtua dan menginginkan setiap sekolah baik berangkat maupun pulang dijemput orangtua. Sementara kendala, ibu memiliki bayi dan bapak acapkali masih bekerja di saat jm pulang anak. 

Pendamping sosial dan peksos supervisor memberikan motivasi kepad anak tersebut dan memberikan bekal kepada orangtua untuk meluangkan waktu untuk bersama anak ketika anak pulang sekolah, kedua faktor jarak tempuh anak menuju ke sekolah juga menjadi kendala.




Peksos supervisor PKH kota Batu
Moch. Ferry Dwi Cahyono 


EmoticonEmoticon