Social work update : kebijakan, pendidikan dan praktik pekerjaan di Era Revolusi Industri 4.0

www.pkhkotabatu.com. Seminar nasional diikuti lebih dari 400 peserta dari berbagai wilayah dan 26 DPD IPSPI seluruh Indonesia.

Seminar nasional dilaksanakan di Poltekesos Bandung 31 Agustus 2019.

Sebentar lagi RUU Peksos akan disahkan sebagai UU Peksos.

Social work update : kebijakan, pendidikan dan praktik pekerjaan di Era Revolusi Industri 4.0 oleh nara sumber Prof. Adi Fahrudin, Ph. D. (Peksos, akademisi guru besar UM), Drs. Tata Sudrajat, M. Si (Peksos, praktisi), Dr. Puji Pujiono, MSW (praktisi).


UU Pekerja Sosial tidak lama lagi akan disahkan oleh DPR. Legalitas profesi pekerjaan sosial dan pekerja sosial semakin kuat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Meskipun secara sosiologis, keberadaan pekerja sosial dan profesi pekerjaan sosial belum membumi dalam pelayanan sosial  namun kemajuan besar telah dicapai dengan terbitnya UU tersebut.



Terbitnya UU tersebut memberi implikasi kepada pendidikan pekerjaan sosi sebagai tempat mencetak calon-calon pekerja sosial.

Pendidikan pekerjaan sosial (social work education) menunjuk pendidikan untuk calon pekerja sosial yang biasanya tersedia di universitas berbentuk fakultas, sekolah, departement atau program studi.

Alasan utama perlunya standart global pendidikan pekerjaan sosial juga disampaikan oleh Prof. Adi Fahrudin, Ph.D

Grand Challenge for Social juga disampaikan oleh Drs. Tata Sudrajat, M. Si.

Tantangan Implementasi UU Pekerja Sosial oleh Dr. Puji Pujiono, MSW Substansial, paradigma kegiatan sosial vs pekerjaan sosial *produk* praktik pekerjaan sosial vs pekerja sosial.





Tanggungjawab pelaksanaan, konfigurasi ideal, optimal dan praktikal dalam pembagian tugas, kewenangan dan tanggung jawab. Organisasi profesi mendorong visi dan tujuan bersama untuk profesi.


EmoticonEmoticon