Kunjungan Rumah ke Lansia

Kunjungan Rumah ke Lansia


www.pkhkotabatu.com. Kunjungan rumah setelah supervisi pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2) Program Keluarga Harapan Kota Batu.

Home visit atau kunjungan rumah adalah kegiatan pendukung bimbingan dan konseling untuk memperoleh data, keterangan, kemudahan dan komitmen bagi terentaskannya permasalahan klien melalui kunjungan kerumahnya. Kegiatan ini memerlukan kerjasama yang penuh dari orang tua dan keluarga lain.

Menurut Prayitno kunjungan rumah atau home visit bisa bermakna upaya mendeteksi kondisi keluarga dalam kaitannya dengan permasalahan individu atau klien yang menjadi tanggung jawab pembimbing atau konselor dalam pelayanan bimbingan dan konseling.

Pekerja sosial dituntut memiliki keterampilan dalam memilah data mulai dari hasil wawancara sampai kepada kompilasi data, tujuannya agar ada kesesuaian data yang dibutuhkan untuk melakukan asesmen masalah (Coulshed & Orme, 1998).



Kunjungan rumah ke lansia setelah pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2) 
Program Keluarga Harapan Kota Batu



Lansia tersebut keadaannya sehat dan komunikasi bisa diterima dengan baik meski hidup sendiri di rumah yang ditempati setiap harinya dengan keterbatasan usia.

Kunjungan tersebut untuk memfasilitasi lansia yang memiliki keterbatasan tenaga karena usia sudah lanjut untuk mengetahui kondisi lansia dan bantuan sosial diterima dengan baik.

Kunjungan rumah ke lansia (lanjut usia) juga untuk mengetahui aspek lain seperti memastikan bantuan sosial yang diterima tersampaikan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan hidup lansia tersebut (mfdc).



EmoticonEmoticon