Monitoring dan Evaluasi Cermat Menabung dan Meminjam (Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga) Program Keluarga Harapan


Monitoring dan Evaluasi Cermat Menabung dan Meminjam 
(Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga) Program Keluarga Harapan

www.pkhkotabatu.com. Pertemuan peningkatan kemampuan keluarga Program Keluarga Harapan rutin dilaksanakan sebulan sekali. Keluarga penerima manfaat wajib hadir sebagai tanggung jawab kepesertaan Program Keluarga Harapan.
Keluarga penerima manfaat memenuhi ruangan tamu untuk mengikuti pertemuan peningkatan kemampuan keluarga. Materi yang disampaikan pendamping sosial Kecamatan Junrejo Program Keluarga Harapan Kota Batu Laila saat itu cermat menabung dan meminjam. 
Monitoring dan evaluasi pertemuan peningkatan kemampuan keluarga saat itu ialah materi tersebut perlu diulang kembali dikarenakan keduanya penting dalam mengelola keuangan keluarga setiap harinya, kedua keluarga penerima manfaat membutuhkan perulangan materi cermat menabung dan meminjam, ketiga mengingatkan keluarga penerima manfaat untuk praktik menabung dalam botol minuman bekas, setiap pertemuan rutin bulanan wajib dibawa, keempat keluarga penerima manfaat diajak berbagi kasus atau pengalaman pengelolaan keuangan di rumah tangga masing - masing.

Monitoring dan Evaluasi Cermat Menabung dan Meminjam  (Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga) Program Keluarga Harapan



Pendamping sosial Kecamatan Junrejo Kota Batu Laila memaparkan materi cermat meminjam, diantaranya mengenalkan lembaga tempat meminjam, perbandingan tempat meminjam, tips sebelum meminjam. Sedangkan materi menabung disampaikan di awal untuk mengingat materi bulan sebelumnya, diantaranya beberapa tips sukses menabung.
Selain itu, ada beberapa yang disampaikan keluarga penerima manfaat pengaduan masalah seperti ada belum masuk bantuan sosial non tunai Program Keluarga Harapan. Semuanya dicatat dan akan ditindaklajuti dengan menanyakan ke administrasi pangkalan data untuk mengetahui kondisi keluarga penerima manfaat mengenai jawaban masalah tersebut sebagai bentuk intervensinya setelah dilaksanakan assestment masalah keluarga penerima manfaat (mfdc).  


EmoticonEmoticon