Supervisi Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga, Cermat Meminjam dan Menabung

Supervisi Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga, Cermat Meminjam dan Menabung



www.pkhkotabatu.com. Family development session (fds)/pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2) dilaksanakan di Caru Kecamatan Junrejo dihadiri dua belas keluarga penerima mnfaat (kpm) Program Keluarga Harapan. 

Materi pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2) Program Keluarga Harapan yang diberikan sesi cermat meminjam dan menabung. Materi ini sebagai referensi panduan mengelola keuangan lebih baik. Menabung untuk kebutuhan tidak terduga. Meminjam perlu memperhatikan banyak hal sebelum memutuskan langkah ke arah sana.

Sebagian ada di luar ruang tamu (teras) karena di dalam dipenuhi mereka yang hadir rutin pertemuan sebulan sekali rutin digelar.

Saat itu pendamping sosial Indra Yuniari juga memperkenalkan pendamping sosial selanjutnya yang akan melanjutkan pendamping sosial Laila, karena ada perubahan wilayah dampingan.



Supervisi Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga, Cermat Meminjam dan Menabung 
Program Keluarga Harapan Kota Batu


Supervisi adalah proses antara sesorang yang disebut supervisior dan yang lainnya adalah supervise. Biasanya bertujuan untuk meningkatkan efektivitas membantu orang tersebut. Supervisi ini di dalamnya mencalup perolehan ketermapilan praktis, penguasan pengetahuan teroritis atau teknis, dan pengembangan professional. (Ferguson dalam Davis: ). NASW, 2013 menjelaskan: Untuk tujuan standar supervisi ini, supervisi profesional didefinisikan sebagai hubungan antara supervisor dan supervisee di mana tanggung jawab dan akuntabilitas untuk pengembangan kompetensi, sikap, dan praktik etis berlangsung.

Supervisi juga merupakan bentuk pelayananan tidak langsung yang memberikan fungsi untuk para supervisee, yaitu: pertama fungsi administratif, kedua fungsi edukasi, ketiga fungsi suportif (dukungan moral).

Supervisi yang dilakukan saat pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2) ada beberapa yang diperhatikan, jumlah keluarga penerima manfaat yang menghadiri pertemuan rutin bulanan, interaksi antara pendamping sosial sebagai fasilitator dengan keluarga penerima manfaat, daftar hadir sebagai bukti kehadiran keluarga penerima manfaat (kpm), flipchart yang digunakan pendamping sosial digunakan dalam pertemuan rutin sebulan sekali dan semcamnya (mfdc).


EmoticonEmoticon