Penjangkauan Rumah dan Edukasi Keluarga Penerima Manfaat


Penjangkauan Rumah dan Edukasi Keluarga Penerima Manfaat



Salah satu kegiatan edukasi yang dilakukan pendamping sosial dan peksos supervisor Program Keluarga Harapan Kota Batu ialah dengan kunjungan rumah ke keluarga penerima manfaat.
Lokasi keluarga penerima Program Keluarga Harapan Kota Batu tinggal di Tulungrejo Kecamatan Bumiaji, lokasinya pegunungan melewati tempat wisata selecta.


Tujuan kunjungan rumah untuk mengedukasi keluarga penerima manfaat yang pada pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (P2K2) tidak hadir, padahal pertemuan sebulan sekali tersebut merupakan kewajiban keluarga penerima manfaat untuk mendapatkan pengetahuan seputar materi dan sesi yang disampaikan pendamping sosial kecamatan Bumiaji Mei.


Selama kurang lebih satu jam kunjungan rumah mendapatkan assesmen dari keluarga penerima manfaat diantaranya, karena ada keperluan penting pribadi dan semacamnya.



Peksos supervisor bersama pendamping sosial Kecamatan Bumiaji Mei, mengingatkan dan mengedukasi dengan menggunakan teknik wawancara mendalam dan menggunakan metode bimbingan sosial perseorangan (social case work). Mengatakan kalau bimbingan sosial perorangan adalah suatu metode membantu yang diarahkan pada usaha mendorong dan menampilkan kemampuan individu dan juga perlu mencoba untuk memperkecil tekanan lingkungan terhadap dirinya (BRENNAN & PARKER).

Tujuan social case work dapat diperinci sebagai berikut :

1. Membantu klien yang diarahkan untuk mendorong dan meningkatkan kemampuan dan jika perlu memperkecil tekanan lingkungan terhadap dirinya
2. Mobilisasi kemampuan- kemampuan yang terdapat dalam diri individu dan sumber- sumber yang ada dimasyarkat yang cocok untuk membantu individu tersebut memecahkan maslaah apapun yang dihadapinya dalam kehidupan sosial sehari- hari.
3. Membantu individu- individu supaya lebih efektif mengatasi masalahnya yang terkait dengan fungsi sosialnya.

Keluarga penerima manfaat wajib untuk menghadiri pertemuan peningkatan kemampuan keluarga, penggunaan bantuan sosial non tunai Program Keluarga Harapan untuk kedua anaknya yang masih sekolah.



EmoticonEmoticon