Bahan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga Juni : Pola Hidup Bersih dan Sehat

www.pkhkotabatu.com. Pentingnya Pola Hidup Bersih dan Sehat
Modul Kesehatan dan Gizi
Bahan pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2)/family development session (fds) Juni 2020

Semoga dengan adanya materi ini dapat menjadikan kesadaran untuk hidup dengan pola hidup bersih dan sehat.

Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat. 

Perilaku hidup bersih dan sehat pada dasarnya merupakan sebuah upaya untuk menularkan pengalaman mengenai pola hidup sehat melalui individu, kelompok ataupun masyarakat luas dengan jalur – jalur komunikasi sebagai media berbagi informasi. 



Manfaat Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Ada banyak cara untuk memulai hidup sehat, salah satunya adalah dengan menerapkan kebersihan personal yang dimulai dari rumah. 

Aplikasi pola hidup bersih dan sehat juga dapat membantu Anda dan orang sekitar terhindar dari penyakit umum yang disebabkan oleh virus dan kuman.

1. Manfaat Kesehatan Tubuh

Setiap hari Anda bersentuhan dengan banyak kuman dan virus. Menerapkan pola hidup sehat sederhana seperti mencuci tangan, menyikat gigi, membersihkan ruangan, dll dapat mencegah Anda dari bahaya penyakit tertentu. Secara umum, menjaga kebersihan dapat membuat Anda lebih sehat.

2. Manfaat di Lingkungan Sosial

Bila Anda menerapkan pola hidup bersih, maka Anda akan terlihat lebih sehat dan menarik. Hal itu akan memberikan kesan baik di lingkungan sosial. Sebaliknya, bila Anda tidak bersih Anda mungkin akan menerima stigma buruk dan kerugian sosial.

3. Manfaat Psikologi

Tubuh yang sehat mencerminkan pribadi yang sehat. Memiliki tubuh yang sehat akan menunjang penampilan Anda dan menambah percaya diri, yang kemudian mungkin juga akan berpengaruh pada kondisi psikologis Anda.

Cara Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Rumah

Pola hidup bersih dan sehat dapat diterapkan dengan cara-cara sederhana dan dimulai dari lingkungan rumah Anda. Berikut ini adalah cara menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah, yaitu:

1. Menerapkan kebiasaan cuci tangan
2. Menjaga kebersihan toilet
3. Menjaga kebersihan mulut dan gigi
4. Menjaga kebersihan tubuh
5. Menjaga kebersihan ruangan
6. Menjaga kebersihan saat anda sakit
7. Menjaga kebersihan kuku
8. Tidak merokok di dalam rumah
9. Memberantas jentik nyamuk
10. Menjaga kebersihan rambut
11. Menerapkan pola makan sehat
12. Olahraga teratur

Pentingnya Menjalankan Pola Hidup Bersih dan Sehat

Prinsip kedua dari pola makan dengan Gizi Seimbang adalah pentingnya pola hidup bersih. Pola makan ber-Gizi Seimbang akan menjadi tak berguna bila tidak diikuti dengan penerapan prinsip dan kebiasaan hidup bersih, seperti: 

1. Mencuci tangan sebelum makan dengan air bersih dan sabun.
2. Menyajikan makanan dalam keadaan selalu tertutup agar tak dihinggapi serangga/lalat.
3. Memasak makan dengan suhu yang tepat agar kuman mati.
4. Mencuci sayur dan buah hingga bersih, serta (5) menjaga makanan dan minuman agar tidak tercemar oleh logam berat.

Termasuk dalam pola hidup bersih adalah menjalankan pola hidup sehat seperti menghindari konsumsi rokok, alkohol serta hal-hal yang dapat membahayakan kesehatan. Lakukan imunisasi atau vaksinasi sesuai anjuran. Prinsip pola hidup bersih dalam Gizi Seimbang mendukung program kesehatan lingkungan yang dikenal dengan program PHBS. Untuk mencapai visi Indonesia Sehat, Pusat Promosi Kesehatan, Departemen Kesehatan telah melakukan upaya pemberdayaan masyarakat dengan melakukan sosialisasi mengenai pentingnya PHBS pada tingkatan rumah tangga.



EmoticonEmoticon