Monitoring Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga:Pendidikan dan pengasuhan anak

 Pendidikan dan  pengasuhan anak


Setiap keluarga pasti memiliki harapan generasi berikutnya lebih  baik masa depan. Pendidikan merupakan investasi jangka panjang bagi suatu generasi. Menempuh pendidikan lebih tinggi memungkinkan suatu generasi bisa mengakses lebih bermutu.


Pengasuhan anak senantiasa kerap dijumpai oleh keluarga di berbagai elemen masyarakat dimana pun berada. Pengasuhan senantiasa dilakukan oleh orang tua baik oleh bapak ibu atau pun keluarga terdekat. Prosesnya dimulai semenjak anak-anak dilahirkan. Bentuknya beraneka ragam mulai kasih sayang, memperhatikan gizi anak, tumbuh kembang anak dan semacamnya.


Pengasuhan dan pendidikan anak di rumah, 
pertemuan peningkatan kemampuan keluarga
 Program Keluarga Harapan


Pertemuan peningkatan kemampuan keluarga Program Keluarga Harapan setiap bulan memungkinkan keluarga penerima manfaat mendapatkan pengetahuan yang bisa dipraktikkan dalam kehidupan keluarga sehari-hari.


Pertemuan peningkatan kemampuan keluarga Program Keluarga Harapan dengan pembekalan, edukasi selama kurang lebih safu jam tiga puluh menit sangat berpotensi meningkatkan pola pikir dan perubahan perilaku keluarga penerima manfaat.


Bentuk materi yang disampaikan sudah disiapkan oleh pendamping sosial disesuakan dengan kebutuhan assesment baik sesi dan modul keluarga penerima manfaat.


Pendidikan dan Pengasuhan Anak di Rumah


Merupakan dua sisi yang senantiasa muncul secara beriringan di keluarga. Pendidikan bagian dari pengasuhan anak sementara pengasuhan anak merupakan bagian penting dalam pembentukan suatu keluarga.


Materi Pendidikan dan Pengasuhan Anak di Rumah

Beberapa materi yang disampaikan pendamping sosial diantaranya menjadi orang tua lebih baik dengan memberikan pengasuhan positif dan kasih sayang terhadap anak, kedua kerjasama dalam pendidikan dan pengasuhan, ketiga menghindari konflik di depan anak.


Peranan pendamping sosial tugas khusus

Pendamping sosial tugas khusus memberikan edukasi dan memonitoring pelaksanaan pertemuan peningkatan kemampuan keluarga Program Keluarga Harapan materi pendidikan dan pengasuhan anak.


Pengasuhan dan pendidikan anak di rumah


Selama kegiatan pertemuan peningkatan kemampuan keluarga dampingan Laila di desa Pendem Kecamatan Junrejo keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan nampak semangat mengikuti dan mencatat materi yang disampaikan selama kurang lebih satu jam tiga puluh menit. Selain itu nampak pula anak diajak orang tua keluarga penerima manfaat menghadiri kegiatan rutin secara bulanan dalam kondisi era new normal (mfdc).


Sumber:

https://www.mochferrydwicahyono313.com/2020/11/pendidikan-dan-pengasuhan-anak.html?m=1


EmoticonEmoticon